Posisi Orang Tidur yang Dilaknat Allah SWT, Justru Banyak Orang Melakukannya


Tidur adalah usaha untuk mengistirahatkan badan sesudah sepanjang hari melakukan aktivitas.
Umumnya anggota tubuh bakal kembali fresh sesudah terlelap saat malam hari. Nyatanya, dalam Islam tidur mempunyai ketentuan serta adab sendiri.

Rasulullah SAW menyarankan umatnya supaya senantiasa menghadap ke kanan saat bakal tidur. Posisi tidur seperti ini tak cuma sunnah, tetapi nyatanya mempunyai manfaat bila dikaji dengan cara medis.

Terkecuali posisi tidur yang disarankan, ada juga posisi tidur yang begitu dimurkai Allah SWT. Bahkan juga disebut-sebut kalau posisi ini adalah ciri penghuni neraka. Seperti apa posisi yang disebut? Tersebut penjelasannya.

Nyatanya posisi yang dilarang serta dimurkai ini yaitu posisi tengkurap. Hal semacam ini diterangkan Rasulullah SAW dalam hadistnya saat Beliau mendatangi satu masjid. Ia lihat seseorang yang tinggal di masjid Nabawi tengah tidur tengkurap. Cerita yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA salah seseorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata,

“Aku tidur di masjid pada akhir malam, lalu ada orang yang mendatangiku sedang saya tidur dengan posisi tengkurap. Laluberkata :

“Bangunlah dari tengkurapmu, lantaran tidur yang


sekian yaitu tidurnya beberapa orang yang dimurkai Allah. ” Lalu aku


angkat kepalaku, jadi saat kulihat ia yaitu Rasulullah SAW, jadi akupun lalu bangkit. ” HR. Bukhari

Dalam kisah lain Rasulullah SAW

menerangkan kalau posisi tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya beberapa penghuni neraka. Hadist ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang artinya :

“Tidur tengkurap yaitu posisi tidurnya penghuni neraka. ” HR. Ibnu Majah

Allah SWT serta Rasulnya pasti akan tidak melarang suatu hal hal bila hal itu beresiko untuk manusia. Dengan cara medis, tidur dengan posisi tengkurap beresiko untuk badan hingga Allah SWT melarang, bahkan juga memurkai posisi ini.

“Tidaklah Allah memerintahkan suatu hal terkecuali kepadanya ada beragam mashlahat yg tidak dapat di ketahui dengan cara menyeluruh” Risaalah fiil Qowaaidil fiqhiyah hal. 41, Maktabah Adwa’us salaf)

Nyatanya Pengetahuan kedokteran modern menunjukkan kalau memanglah tidur tengkurap memanglah beresiko. Tidur ini bisa mengganggu pernapasan lantaran otot dada serta organ pernapasan tidak bisa bekerja optimal lantaran tehimpit. Dengan posisi itu dada bakal jadi tertekan serta bikin nafas jadi sesak.

Terkecuali sisi pernapasan, tidur dengan posisi ini dapat juga menekan jantung. Dalam periode waktu lama posisi seperti ini bisa membahayakan kesehatan jantung. Manfaat otak dapat juga terganggu dengan posisi ini. Pasalnya aliran darah yang membawa oksigen ke semua badan demikian halnya ke otak jadi terganggu lantaran terhimpitnya jantung tadi.

Karenanya, ikutilah jauhilah segalanya yang dilarang Allah. Lantaran sejatinya, Dia akan tidak melarang suatu hal hal yang baik, tetapi larangan itu hanya cuma untuk kebaikan hamba-Nya. Allah yang memiliki alam semesta serta semuanya ilmu dan pengetahuan, pasti Dia lah yang lebih tahu. Wallahu alam.

Tidak ada komentar