Wow Keren, Pesona Yaahowu Nias Festival 2018 Tampilkan Perang Magis



Ya'ahowu adalah ucapan umum di antara orang-orang Nias. Kata ini merupakan kata sapaan khas yang diberikan di pagi hari, siang atau malam, apabila saling bertemu pada berbagai kesempatan. Ucapan ini menjadi ciri khas Nias yang diputuskan dalam pertemuan para kepala suku, pemimpin dan pemuda suku Balugu, Tahenori, Si'ulu, dan Sala di Nias, yang diarsipkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1919.

Kata Ya'ahowu terdiri dari dua kata, yaitu howu-howu yang berarti berkah. Bila ditambah dengan kata Ya, itu berarti semoga Tuhan memberkati Anda. Oleh karena itu, kata Ya'ahowu bermakna kesejahteraan dan berkah Yang Maha Kuasa sehingga dibalas juga dengan Ya'ahowu.

Ya’ahowu Nias Festival dimulai pada 16 November, memamerkan berbagai produk terbaik Nias. Berupa kerajinan tangan dan kuliner khas Nias. Juga akan digelar festival patung dan ukiran tradisional dengan menampilkan pengrajin terbaik dari seluruh Nias.

Tak hanya berhenti di sana festival ini juga menampilkan tarian perang Nias nan magis. Tentunya beruntung sekali kalau kita bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya yang langka ini.

Ya’ahowu Nias Festival resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi, di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Nias Selatan. Festival menampilkan berbagai tradisi budaya dan kuliner, juga tradisi legendari dari Nias, lompat batu kolosal sekaligus memecahkan rekor MURI, dilakukan oleh 100 pelompat batu.

Publisher: tatag buleng
[sumber]

Tidak ada komentar