Tingkatkan Ketrampilan Seni Rangkai Janur Sejak Dini Pada Siswa- Siswi



SURAKARTA - Memberikan pendidikan ketrampilan dan mengenalkan  merangkai janur kepada siswa - siswi mulai dari sekolah tingkat dasar atau pada usia dini sangat di penting karena kesenian janur merupakan salah satu kesenian Budaya yang ada di jawa .

 terkait dengan itu pada jumat tanggal 23 Nopember 2018 .pukul 10.00 wib.sampai dengan selesai bertempat di pendopo Astana oetara  jln.majapahit  utama kelurahan Nusukan Babinsa Nusukan Srk M.Nasirin Anggota koramil 02 Banjarsari kodim 0735 Surakarta beserta Siswa SD Prawit No 211  mengikuti kegiatan Workshop janur yang di laksanakan  dalam Rangka Rangkaian dari Pekan Grebek Astana Oetara .

Turut hadir dalam kegiatan tesebut yaitu Lurah Nusukan, ketua Kelompok Darwis. Paniatia grebek .
Guu-.guru dan siswa SD Prawit .

Seni kreasi merangkai janur (daun kelapa muda) Atau disebut juga dengan PENJOR yang biasanya menjadi hiasan umbul-umbul di pinggir jalan maupun dekorasi dalam pernikahan

Dalam Rangkaian kegiatan Pekan grebek Astana Oetara  kelurahan Nusukan  mengangkat kembali penjor ( kesenian merangkai janur) menjadi seni dan budaya masyarakat. Karena belakangan ini penjor sudah jarang dipakai, bergeser dengan hiasan yang modern.

Diharapkan dengan di munculkan kembali  kesenian janur dapat memberikan pengetahuan dan pembinaan pada generasi muda. Sehingga generasi berikutnya dapat mengerti dan nguri - nguri kesenian budaya jawa agar tetap berkembang dan  dilestarikan di masyarakat dan generasi mendatang tetap bisa menikmati seni janur ini.

(Pendim Surakarta)

Tidak ada komentar