Tanam Padi Nggejik Atau Gogo Rancah Di Wilayah Cawas Kabupaten Klaten


KLATEN - Pada sistem budidaya padi gogo rancah seolah-olah kita anggap tanaman padi seperti tanaman palawija. Sehingga kebutuhan air dalam sistem ini sangatlah minim. Sistem budidaya padi gora biasanya dilakukan pada tanah-tanah yang kering atau tanah tadah hujan.

Kelebihan sistem tanam gora dibanding sistem sawah diantaranya adalah penghematan tenaga kerja tanam, penghematan tenaga kerja pemeliharaan dan tentunya lebih menghemat waktu. Adapun kendala budidaya padi gora adalah ketersediaan air karena intensitas curah hujan yang tak menentu.

Sebagian ada yang langsung memasukkan bibit atau gabah ke tanah yang sudah berlubang terkena runcingnya penugal atau taju. Salah seorang petani mengungkapkan bahwa menanam padi dengan di gejik ini sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang dulu kala.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20 Cawas Kodim 0723 Klaten Serma Agus Setya Hartana, turun ke sawah membantu petani menanam padi gogo di lahan seluas 1800 M² milik kelompok tani Mardi Tani Desa Burikan Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.

"Pada sistem budidaya padi gogo rancah seolah-olah kita anggap tanaman padi seperti tanaman palawija. Sehingga kebutuhan air dalam sistem ini sangatlah minim. Sistem budidaya padi gogo biasanya dilakukan pada tanah-tanah yang kering atau tanah tadah hujan." ujar Serka Setya


Publisher:  tatag buleng

Tidak ada komentar