Prajurit Satban Koarmada II Latihan Tanggulangi Kebakaran Dan Kebocoran Kapal



SURABAYA - Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Kolonel Laut (P) Anung Sutanto, S.Sos., selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat), meninjau secara langsung 28 prajurit dari unsur-unsur Satban Koarmada II yang melanjutkan kegiatan latihan penanggulangan kebakaran dan kebocoran, bertempat di Pusat Pelatihan Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Peknubika) Peknubika Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu (31/10/2018).

Memasuki hari kedua latihan penanggulangan kebakaran dan kebocoran, prajurit Satban Koarmada II kini melaksanakan latihan praktek dengan metode demonstrasi dan simulasi yang meliputi cara Pengoperasian Self Cuonting Breating Aparatus (SCBA), melaksanakan Escape Route, Cara pengisian tabung-tabung SCBA, Cara pengoperasian Apar (CO2, Dry pouwder, Busa), cara mengatasi kebakaran yang di simulasikan di Kapal Maket dan kebocoran di kapal, serta cara evakuasi korban kebakaran. Selama latihan, kegiatan tersebut dipimpin oleh Kadepopslat Puspeknubika Letkol Laut (T) Asep Ruhyat, A.Md.


Sedangkan sasaran latihan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ilmu yang didapat selama bertugas dan diharapkan prajurit lebih terampil menggunakan, serta mengoperasikan alat pemadam kebakaran secara optimal dan profesional. Pada kesempatan tersebut, materi yang dilatihkan pada penanggulangan kebocoran kapal antara lain membaca sistem dengan membuka gambar, pengambilan keputusan, dan teknis penanggulangan kebocoran kapal.

Usai pelatihan ini, dipenugasan yang sebenarnya para peserta mampu mengkoordinasikan pelaksanaan pengoperasian dan pemeliharaan peralatan untuk penanggulangan kebakaran, kebocoran, serta mampu melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan. Juga mampu melaksanakan prosedur komunikasi sesuai standar sistem dan metode yang berlaku di TNI Angkatan Laut.   (dispenal)

Jalesveva Jayamahe

Tidak ada komentar