Penuh Hidmat, Pembukaan Gerebeg Maulud Di Halaman Masjid Agung Surakarta



SURAKARTA -  Selasa 13 November 2018 pukul 10:20 wib s/d 14:30 wib , bertempat di  Karaton Kasunan Surakarta Hadiningrat Sasana Wilapa Baluwarti , Pasarkliwon , Surakarta . Telah berlangsung Hajad Dalem SISKS PAKOE BOEWONO XIII berupa Pembukaan Garebag Maulud Prosesi turunnya Gamelan Sekaten  Be 1952 yaitu " Gamelan Kyai Guntur Madu dan Gamelan Kyai Guntur Sari " dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Th 1440 H /2018 M) yang diselenggarakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kegiatan Gray.Koes Sapardiyah ( Sekretaris Umum Keraton Surakarta )  menuju Masjid Agung Keraton Great Mosque Street No.1 kel. Kauman kec.Pasar Kliwon Kota Surakarta yang diserahkan kepada  Pengurus Masjid Agung Surakarta yang diterima oleh bp KH. Muhamad Mutharom. M.Si M.Pdi ( Ketua pengurus masjid Agung ) dihadiri ± 200 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain KGPH Drs DIPO Kusumo,M.Si Gusti Raden Ayu (GRAY) Koes sapardiyah (Kerabat atau sekretaris umum Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat).KPA Hari sulistio negoro Gusti Raden Ayu (GRAY) Rasmaniah, KH. Muhamad Mutharom. Msi. Mpdi (Ketua Pengurus Masjid Agung Surakarta)Slamet Abi (Penasehat jamaah masjid Agung) Burhanudin Hilal (ketua pagar nusa/ santri Ababil KH.Hilal Adnan ska)  AKP Sukarda (Kabag Ops Polrseta Surakarta).AKP. Aditia Mulya Ramdhani, S.I.K (Kaplsek Pasar Kliwon) Abdi dalem Keraton Surakarta.

Adapun susunan acara giat prosesi turunnya gamelan sekaten yaitu Pembukaan.Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an. Sambutan KGPH Drs DIPO Kusumo,M.Si  Pembacan Doa oleh KH. Muhamad Mutharom. M.Si M.Pdi (Ketua Pengurus Masjid Agung Surakarta) dan Penutup
.
Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemukulan gamelan Kyai Guntur Madu oleh Kanjeng Raden Aryo Saptono Diningrat Ms. Mhum dan Gamelan Kyai Guntur Sari oleh Raden Mas Tumenggung Witro Dipuro.

KGPH Dipo Kusumo, M.Si mengatakan bahwa dirinya di acautra terseb atas perintah sinuwun untuk mengadakan acara pembukaan Sekaten dan Grebeg mulud menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M di Masjid Agung Surakarta, mengenai langkah-langkah yang berkaitan dengan tradisi peringatan hari besar umat Islam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan adat Keraton.


"Kegiatan ini sudah kita peringati selama bertahun-tahun dan kegiatan ini merupakan warisan budaya leluhur kita, dan selama berlangsungnya Sekaten Gamelan Gongso Sekaten Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur Madu akan mengiringi selama 1 minggu. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberkahi segala doa dan usaha kita ditahun yang baru ini." kata Dipo Kusumo

Dalam prosesi persiapan pemberangkatan Gunungan Esti dan Jaler tersebut diserahkan KRRA. Cokrohadinagoro oleh Gusti GRAy. Wandansari Pengageng Sasono Wilopo untuk dibawa ke Masjid Agung Surakarta Hadiningrat yang melalui Jalur Route yaitu (Start) Keraton Kasunanan Surakarta (Kamandungan) – Siti Inggil- Pagelaran Kraton - Alun alun Utara – Pelataran Masjid Agung Surakarta (Finish) dan kembali menggunakan jalur route yang sama.

Dan sebagai catatan bahwa. Prosesi Acara Hajat Dalem Grebeg Gunungan Sekaten ini adalah acara yang selalu di laksanakan tahunan atau Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW  hal ini merupakan Agenda Keraton Surakarta dan di jadikan agenda Wisata bagi pengunjung Keraton Surakarta Hadiningrat.

Perayaan tradisional sekaten Th Be 1952   dalam rangka meringati Maulid Nabi Muhammad SAW  Th 1440 H/2018 di laksanakan mulai dari tgl 13 s.d 20 November 2018 .

(jon)

Tidak ada komentar