Pasi Intel Kodim Temanggung Memberikan pembekalan Terhadap Pemuda Pancasila



TEMANGGUNG – Dalam kegiatan tersebut Pasi Intel Kodim 0706 Temanggung Lettu Arh Martinus memberikan Materi tentang Peran Pemuda dalam Bela Negara yang intinya bahwa : Lingkungan Strategis mengenai Ancaman multi kompleks multi dimensi Nyata dan belum nyata yang perlu diketahui oleh para pemuda.

Bela Negara bukan wajib Militer, Bela Negara biasanya Selalu Dikaitkan dengan Militer Atau Militerisme, Seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab untuk membela Negara hanya terletak pada TNI padahal berdasarkan Pasal 27 dan 30 UUD 1945 masalah bela Negara dan Pertahanan Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga Republik Indonesia .

Bela Negara adalah Sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Implementasi Bela Negara yaitu Cinta Tanah Air, Sadar berbangsa dan bergehara Indonesia, Yakin akan Pancasila sebagai Idiologi Bangsa, Rela Berkorban untuk Negara dan bangsa serta memiliki kemampuan awal bela Negara, Sisitim Pertahanan Indonesia adalah Sishanrata dimana Komponen utama adalah TNI, dan Pendukung adalah Seluruh rakyat Indonesia dan Komponen cadangan adalah Para Generasi Muda.

Pancasila ada lima sila dan dari lima butir sila kalau kita amalkan pasti tidak akan terjadi konflik maupun gesekan karena sudah ada didalamnya yang terkandung semuanya, Idiologi pancasila sangat penting karena suatu dasar pondasi akan tetapi saat ini sudah terdegradasi bahkan anak anak sekolah sekarang banyak yang tidak tau makna dari pancasila.

Ditemanggung ini kota kecil akan tetapi apabila ada kasus pasti sampai tingkat nasional akan tetapi masyarakat Temanggung sangat menjunjung tinggi adat istiadat dan agamis, Saat ini ada indikasi bahaya laten komunis akan tetapi dengan bersatunya masyarakat kita pasti bisa menanggulanginya bahkan saat ini komunis sudah terang terangan dimedia maupun difestival dan ini nyata.

(Pendim Temanggung)

Tidak ada komentar