KRI Hiu-634 Periksa Dan Menangkap Kapal TB Mitra Star 9



SURABAYA - Salah satu unsur Second Fleet Quick Response (SFQR) Koarmada II yaitu KRI Hiu- 634 yang di Komandani Letkol Laut (P) Ahmad Hasan, S.E., M.Tr. (Hanla)., dalam Operasi BKO Guspurla Koarmada II, saat melaksanakan patroli di perairan Balikpapan berhasil memeriksa dan menangkap kapal TB. Mitra Star 9 dengan muatan batu bara yang dibawa oleh 8 ABK, yang berlayar dari Jetty KSU Karya Desa tujuan ke STS Muara Berau. Minggu (28/10/2018).

Dalam melaksanakan tugas operasinya di laut, echo radar KRI HIU-634 terlihat pada display Sperry Marine kontak kapal mencurigakan pukul 09.30 WITA pada baringan 180 jarak 5 Nm. Selanjutnya jaga radar melaporkan kepada perwira jaga tentang hal tersebut untuk selanjutnya dilaporkan kepada Komandan KRI HIU-634.

Komandan KRI HIU-634 segera melaksanakan peran tempur bahaya permukaan dilanjutkan peran pemeriksaan. Oleh pengawas dan jaga radar, kontak kapal dipantau dengan teropong dan Sperry Marine, kemudian kapal perang TNI AL tersebut melakukan pendekatan hingga jarak kurang lebih 1 mil.

Selanjutnya, KRI HIU-634 saat di jarak 500 yards memerintahkan TB Mitra Star 9 – TK TBG 308 untuk merapat ke KRI HIU pada pukul 10.45 WITA. ABK KRI HIU kemudian melaksanakan pemeriksaan terhadap kapal TB. Mitra Star 9 posisi 00 1936 S-117 40 36 T dan di duga ada beberapa pelanggaran yaitu tidak adanya Bill of Loading dan juga tidak adanya Cargo Manifest.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kapal TB. Mitra Star 9 dibawa ke Lanal Balikpapan untuk di periksa lebih lanjut.      (dispenal)

Jalesveva Jayamahe

Tidak ada komentar