Pemuda Diharapkan Mampu Memfilter Informasi Yang Bersifat Destruktif.


Kubu Raya – Kodam XII/Tanjungpura gelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di Lapangan Makodam XII/Tpr, tepatnya berada di Jalan Arteri Ali Anyang, No. 1, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Selaku Inspektur upacara, Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr se-garnizun Pontianak. Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun ini mengangkat tema Bangun Pemuda, Satukan Indonesia. Senin (29/10/2018).

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia yang dibacakan oleh inspektur upacara, Mayjen TNI Achmad Supriyadi mengatakan, bahwa tema pada peringatan Sumpah Pemuda ke-90 ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan generasi muda untuk melahirkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yg berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, punya jiwa wirausaha, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Wahai pemuda Indonesia,  dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” kata Pangdam XII/Tpr saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Lebih lanjut Pangdam XII/Tpr mengatakan, Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga    radikalisme    dan terorisme yang merupakan dampak negatif dari pesatnya perkembangan teknologi informasi yang masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat memfilter ilmu pengetahuan dan kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu juga, Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah. Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas. Kata Pangdam XII/Tpr.

“Untuk itu tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Pemuda pada generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa,” pungkas Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Acmad Supriyadi mengakhiri Amanat.  (pendam tpr)

Tidak ada komentar