Para Crosser Tes Jalan Baru Hasil TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem


BALI - Pembukaan jalan baru sepanjang 3000 meter yang dilakukan melalui program TMMD Ke 103 Kodim 1623/Karangasem di Dusun Guminten, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, ternyata terdengar dan menarik komunitas Motocross dari wilayah Kabupaten Karangasem dan Bangli.

Jalan rintisan yang nantinya akan menjadi akses mobilitas masyarakat Dusun Guminten tersebut memang belum 100 persen kelar tetapi sudah membuat para crosser tersebut tertantang untuk mencobanya.

Para crosser yang berjumlah sepuluh orang tersebut di bawah komando I Gede Agus Ariawan yang juga anggota Polres Karangasem datang ke lokasi TMMD, Sabtu pagi (27/10) di Dusun Guminten untuk mencoba jalan rintisan yang sudah dibuka sejak awal Agustus lalu.

Setelah melihat kondisi medan dan para crosser mencobanya, Gede Agus Ariawan mengungkapkan pengalamannya, medan yang ada memang cukup berat sehingga hampir semua crosser tidak bisa langsung naik sekali tancap gas.

Kemiringan jalan yang berkisar antara 30-40 derajat dengan tanjakan ekstrem menjadi tantangan tersendiri yang harus dilalui, bahkan hampir berkali-kali mengambil ancang-ancang agar bisa naik.

"Kami sudah mencoba dan syukur dari titik start bawah sampai di titik akhir di Puncak Pura Dwi Angga sudah kita lalui, hal ini akan kami sampaikan ke Bapak Dandim tentang kondisi riil di lapangan, dengan harapan nantinya jalan ini layak dan aman digunakan utamanya saat berkendaraan baik mobil maupun motor", ungkap Gede Agus.

Di beberapa titik jalan dan tanjakan perlu diperkeras atau dipadatkan karena kondisi tanah gembur dan berbatu.

Senada Jero Mangku Gunawan, crosser asal Kintamani Bangli juga mengungkapkan pengalamannya. Medannya berat, banyak tikungan tajam, tanahnya gembur dan berbatu, maka tidak bisa dihindarkan ada crosser yang jatuh terguling. Tetapi bagi dirinya dan crosser yang lain merasa puas sudah diberikan kesempatan mencoba jalan rintisan melalui program TMMD ini.

"Dengan medan begini cukup menantang dan kami puas dengan kegiatan ini", ungkap Jero Mangku Gunawan di sela-sela waktu istirahat di Balai Dusun Guminten.

Sementara itu Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Beny Rahadian, S.E., mengucapka terima kasih kepada para crosser yang telah berkesempatan mencoba medan jalan baru program TMMD Ke 103 ini.

Menurutnya kita perlu mendatangkan ahlinya para crosser untuk mencoba jalan ini. Masukan yang ada akan kami laporkan ke komando atas dan juga pemerintah kabupaten. Dengan harapan bisa dilakukan perbaikan dan pembenahan sehingga saatnya nanti digunakan oleh masyarakat dapat memberikan jaminan keamanan.

Sebelumnya minggu lalu komunitas Offroader Bali seperti Atap Langit, POT, Dcad.id dan GAJ dimotori Kadek Oka Mahendra juga sudah mencoba jalan ini sekaligus membantu pengangkutan material yang tidak bisa diangkut dengan kendaraan truk biasa. (Kodim 1623/Karangasem)

Tidak ada komentar