Gerakan Indonesia Bersih 2018, TNI-Polri Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Kedungu


BALI - Pantai Kedungu yang terletak di wilayah Desa Belalang Kecamatan Kediri, Tabanan merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ramai dikunjungi eisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Namun di sisi lain pantai ini juga sering mendapatkan sampah kiriman yang mengakibatkan pantai terlihat kotor dan kurang layak untuk dikunjungi, sehingga dipandang perlu untuk selalu menjaga kebersihannya demi kenyamanan para pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Bertepatan dengan digelarnya Event Internasional Our Ocean Conference 2018, pemerintah serentak di seluruh Indonesia menggelar Kegiatan Gerakan Indonesia Bersih 2018 yang sekaligus memperingati Hari Habitat Dunia 2018 dengan Tema "Municipal Solid Waste Management".

Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa dalam sambutannya menyampaikan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan hari ini adalah dalam rangka Our Ocean Conference 2018 serta peringatan Hari Habitat Dunia.

"Besok Presiden Joko Widodo akan membuka acara tersebut, gerakan bersih bersih pantai ini serentak kita laksanakan diseluruh Indonesia dan kita di Kabupaten Tabanan pelaksanaan bersih bersih pantai ini kita laksanakan di Pantai Kedungu," beber Wirna Ariwangsa di lokasi kegiatan, Minggu (28/10).

Lebih lanjut Wirna menjelaskan, bahwa persoalan sampah di Kabupaten Tabanan harus mendapatkan perhatian serius dari kita bersama. Karena Pantai Kedungu ini paling sering mendapatkan sampah kiriman, yang menimbulkan citra kumuh dan tidak layak untuk dilihat atau dikunjungi.

Pemerintah Kabupaten Tabanan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada masyarakat Kedungu.

"Pantai ini sebelumnya terkesan kotor, akan tetapi karena peran masyarakat yang sangat tinggi dan peduli dengan lingkungannya, sehingga sekarang Pantai Kedungu sudah bersih dan bebas dari sampah plastik," ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut dihadiri oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Hasan Abdullah M.Si (Han) M.P.M., Asisten 1 Pemkab Tabanan I Wayan Yatnanadi, Kepala Dinas lingkungan hidup Kabupaten Tabanan Ir. A.A.Ngurah Raka Icwara W. M.Si., Muspika Kediri, Para Perwira beserta anggota Kodim 1619/Tabanan, Jajaran Rindam IX/Udy, Jajaran Polsek Kediri, Jajaran Camat Kediri, Koorcab Pramuka Kabupaten Tabanan beserta anggota, Kepala Sekolah Se Kecamatan Kediri beserta anggota, Kepala Desa dan Bendesa Adat Kedungu beserta masyarakat Kedungu dengan jumlah sekitar 800 orang. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar