17 Benda-Benda Ini Dibenci Oleh Semut


Gak kebayang deh keselnya melihat tingkah laku semut yang mengerubungi makanan ataupun sekedar lalu lalang di rumah kita karena rumah akan terkesan kotor. Untuk membasmi semut, di pasaran sudah banyak obat-obatan kimia baik yang berupa cair maupun bubuk. Tapi bagaimana kalau di rumah banyak anak-anak yang berpotensi terkena bahaya dari bahan-bahan kimia tersebut. Alih-alih menggunakan insektisida yang berbahaya, Anda bisa membuat sendiri pembasmi semut alami yang efektif dan aman.

Berikut adalah berbagai bahan yang mudah diperoleh untuk membasmi semut namun relative lebih aman untuk anak-anak anda.

1. Cuka
Metode lain yang efektif menyingkirkan semut adalah dengan menyemprotkan cuka pada tempat yang sering dilalui semut. Bau yang kuat dari cuka akan membuat semut menghindarinya.

2. Mentimun
Salah satu fakta aneh tentang semut adalah ternyata mereka tidak menyukai rasa mentimun! Oleh karena itu, menempatkan potongan mentimun di daerah yang banyak dilalui semut merupakan cara efektif untuk mengusir mereka.

3. Jus Lemon
Cara lain yang sangat mudah untuk menyingkirkan semut adalah dengan mencampur jus lemon dengan sedikit air dan disemprotkan di daerah yang banyak semut.

4. Sabun
Tidak hanya bisa untuk memudahkan membersihkan lemak di piring, sabun cuci piring juga bisa untuk mengusir semut. Campur air dengan sabun cuci piring dan masukkan kedalam botol semprot. Untuk mengusir semut, semprotkan air yang sudah dicampur dengan sabun tersebut pada kerumunan semut. Sabun dapat memecah lapisan lilin rangka luar semut sehingga mengakibatkan dehidrasi.

5. Garam/Lada
Menyebarkan garam di sudut ruangan dan pada sarang semut adalah cara lain yang efektif untuk mengusir semut. Cara lain, larutkan garam dengan air panas kemudian semprotkan ke daerah yang banyak semut.
Selain garam, lada juga bekerja efektif mengusir semut. Gunakan cara yang sama seperti ketika Anda menggunakan garam.

6. Bubuk Kopi
Taburkan bubuk kopi di sekitar retakan untuk mencegah semut masuk ke dalamnya. Bubuk kopi juga bisa ditebarkan di tempat yang banyak semut. Ampas sisa ngopi juga bias dimanfaatkan, caranya taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda.

7. Gemuk
Gemuk (grease) bertindak sebagai pengusir semut. Oleskan gemuk di tempat yang ingin terbebas dari kerumunan semut.

8. Bedak Bayi
Taburi bedak bayi di mana pun Anda melihat semut. Semut membenci bau talk dan akan menyingkir menjauh.

9. Bubuk Cabe
Tebarkan bubuk cabe pada sarang semut untuk mengusir mereka. Sensasi pedas dari cabe akan membuat semut lari pontang-panting

10. Parfum
Celupkan bola kapas dalam parfum yang kuat. Letakkan bola kapas di daerah yang ingin terbebas dari semut. Semut tidak bisa mentolerir bau parfum dan akan menjauh. Cara lain, semprotkan parfum langsung ke sarang atau kerumunan semut untuk mengusirnya.

11. Kayu Manis
Meski rasanya manis, namun kayu manis ini tidak disukai semut. Untuk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

12. Air Jeruk Nipis
Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.

13. Tepung Jagung
Tepung jagung atau tepung maizena bisa juga untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.

14. Daun Sirih
Daun sirih bisa digunakan untuk mencuci mata, selain itu daun sirih ternyata juga bisa dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.

15. Cengkeh
Cengkeh merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk bumbu masakan. Cengkeh biasa juga dicampurkan ke dalam tembakau rokok. Selain itu cengkeh ternyata juga bisa untuk mengusir semut.

Caranya dengan menaburkan cengkeh di sekeliling benda yang ingin dijauhkan dari kerumunan semut dan tempat yang sering dilalui dan digunakan untuk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan menghindar dan pergi.

16. Peppermint

Minyak esensial dari peppermint juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Kalau susah untuk menemukan minyak esensial peppermint, sebagai akternatif Anda bisa menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.
Kantong teh mint bekas juga dinilai efektif untuk mengusir semut. Letakkan kantong teh mint di mana banyak terdapat semut.
Daun mint juga dapat dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk untuk kemudian ditaburkan di tempat yang banyak semut.

17. Cangkang Telur Ayam


Karena tidak bisa dimakan, maka biasanya cangkang telur ayam akan langsung dibuang. Namun mulai sekarang jangan buru-buru dibuang, apalagi kalau di rumah banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya Taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang.

Tidak ada komentar